6 Perbedaan Haji dan Umroh yang Harus Kamu Pahami

Diposting pada

Umroh Plus Turki Desember – Ibadah Haji dan Umroh merupakan ibadah yang di khususkan untuk umat islam dan keduanya dijalankan di kota Mekkah. Walaupun sudah kerap kita dengar perihal ibadah Haji dan Umroh ini, tetapi masih banyak kaum muslimin yang tidak paham perbedaan dari Haji dan Umroh itu sendiri.
Hal ini seharusnya dijadikan sebagai stimulus untuk selamanya stimulus mengkaji ilmu Agama Islam. Karena saat kita melakukan sebuah amalan tanpa ilmu maka hasilnya akan sia-sia. Dalam artikel ini kita akan coba mengkaji perihal perbedaan haji dan umroh. Berikut ini adalah ulasannya.

1. Perbedaan Haji dan Umroh Berdasarkan Pengetiannya

Berikut ini adalah penjelasan perihal perbedaan Haji dan Umroh berdasarkan dari pengertiannya.

A. Pengertian Ibadah Haji
Haji merupakan keliru satu dari rukun islam yang ke 5 dalam ajaran islam yang mana hukum dari ibadah ini adalah mesti bagi orang yang miliki kebolehan untuk mengerjakannya dari segala sisi baik fisik maupun finansialnya.

B. Pengertian Ibadah umroh
Umroh merupakan suatu ibadah yang nyaris sama dengan ibadah haji tetapi miliki hukum yang tidak mesti atau dapat dibilang sunnah untuk dikerjakan. Dan Ibadah umroh terhitung dapat dijalankan tiap tiap hari, jika di hari yang diselenggarakannya Ibadah haji.

2. Perbedaan Haji dan Umroh Berdasarkan Hukumya

Perbedaan yang ke dua terdapat terhadap hukumnya yang mana sudah disinggung di atas. Hukum ibadah haji adalah mesti bagi yang mampu, selagi ibadah umroh hukumnya sunnah muakat tetapi tersedia beberapa ulama yang menyebutkan mesti bagi yang mampu.

Untuk lebih jelasnya kembali perihal hukum ibadah haji dan umroh mari kita menyaksikan firman Allah SWT dalam Q,S Ali Imron ayat 97.

وَلِلَّهِ عَلَى النَّاسِ حِجُّ الْبَيْتِ مَنِ اسْتَطَاعَ إِلَيْهِ سَبِيلًا وَمَنْ كَفَرَ فَإِنَّ اللَّهَ غَنِيٌّ عَنِ الْعَالَمِينَ

“Menunaikan ibadah haji adalah kewajiban terhadap Allah, yakni bagi mereka yang dapat mengadakan perjalanan ke Baitullah. Barangsiapa mengingkari kewajiban haji ini, maka sesungguhnya Allah adalah Tuhan Yang Maha Kaya yang tidak memerlukan sesuatu apapun dari semesta alam.”

Selain firman Allah swt diatas, tersedia banyak sekali hadist yang menyebutkan perihal hukum ibadah Haji dan Umroh ini. Salah satunya adalah sebagai berikut.

Hadits Jabir bin ‘Abdillah RA, ia bicara bahwa.

Rasulullah SAW ditanya perihal mesti ataukah sunnah bagi umat Muslim untuk menunaikan umroh. Nabi SAW sesudah itu menjawab, “Tidak. Jika kau berumroh maka itu lebih baik.” (HR. Tirmidzi)

 

Ibadah Haji dan Umroh sesungguhnya bukanlah suatu ibadah yang ringan. Hal ini karena tak hanya mesti miliki ongkos yang memadai terhitung mesti miliki kesegaran fisik yang kuat. Oleh karena itu Allah swt tidak membebankan bagi mereka yang kurang mampu.

3. Perbedaan Haji dan Umroh Berdasarkan Waktu

Perbedaan antara ibadah haji dan umroh selanjutnya adalah terdapat terhadap selagi pelaksanaannya. Untuk ibadah haji cuma dijalankan satu th. sekali atau cuma terhadap musimnya saja selagi ibadah umroh dapat dijalankan setiap saat jika saat musim haji atau diluar dari hari-hari dilaksanakannya ibadah haji.

4. Perbedaan Haji dan Umroh Berdasarkan Tempat

Kemudian perbedaan haji dan umroh yang setelah itu adalah berdasarkan tempat pelaksanaan ke dua ibadah tersebut. Memang haji dan umroh sama-sama dijalankan di Masjidil Haram atau makkah, akan tetapi tersedia beberapa tempat yang tidak dikunjungi terhadap selagi melakukan ibadah umroh.

Ketika melakukan ibadah haji mesti melakukan rukun yang berada di luar mekah seperti wukuf di Arafah dan bermalam di situ dan juga lempar jumroh di mina. Yang mana dalam ibadah umroh perihal itu tidak dilakukan.

5. Perbedaan Haji dan Umroh Berdasarkan Rukun dan Cara Pelaksanaannya
Adapun perbedaan ibadah Haji dan Umroh menurut rukun dan tata caranya seperti berikut.
• Rukun umroh: Ihram, Tawaf, Sya’i, dan Tahalul.
• Rukun haji: Ihram, Tawaf, Sya’i, Tahalul, wukuf, diarafah, bermalam di Muzdhalifah, dan lempar jumroh di Mina.

6. Perbedaan Haji dan Umroh Berdasarkan Tingkat Keramain
Mengenai keramaian terhadap selagi ibadah haji dan umroh sangat berbeda, sudah tentu lebih ramai ibadah haji dibandingkan dengan ibadah umroh karena ibadah umroh dapat dijalankan kapan saja sehingga tidak mesti sampai berdesak-desakan.

Sangat tidak sama dengan ibadah haji yang cuma dijalankan satu th. sekali, dimana semua umat islam di segala penjuru berkumpul di makkah untuk melakukan ibadah Haji. Hal ini terhitung berdampak untuk negeri yang mayoritas muslim seperti Indonesia yang mesti antri khususnya dahulu sebelum akan berangkat ibadah Haji.

Nah itulah beberapa perbedaan Haji dan Umroh yang mesti anda ketahui. Jadi ke dua ibadah selanjutnya merupakan ibadah yang banyak miliki keutamaan. Semoga dapat berguna untuk kita semua dan semoga Allah swt mengizinkan kita untuk melakukan Ibadah Haji dan Umroh. Aamiin 🙂

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *