Kacang tanah

Diposting pada

Jual Kacang Tanah – Kacang tanah adalah tanaman polong-polongan atau legum anggota suku Fabaceae yang dibudidayakan, serta menjadi kacang-kacangan ke-2 paling utama setelah kedelai di Indonesia. Tanaman yang berasal dari benua Amerika ini tumbuh secara perdu setinggi 30 hingga 50 cm (1 hingga 1½ kaki) bersama dengan daun-daun kecil tersusun majemuk.

Tanaman ini adalah satu di antara dua tipe tanaman budidaya selain kacang bogor, Voandziea subterranea yang buahnya mengalami pemasakan di bawah permukaan tanah. Jika buah yang tetap muda terkena cahaya, sistem pematangan biji terganggu.

Di Indonesia, ia dikenal pula sebagai kacang una, suuk (Sd.), kacang jebrol, kacang bandung, kacang tuban, kacang kole, serta kacang banggala. Dalam perdagangan internasional dikenal sebagai bahasa Inggris: peanut, groundnut.

Sejarah dan perkembangannya
Tanaman ini berasal dari Amerika Selatan tepatnya adalah Brazillia, tetapi pas ini telah menyebar ke seluruh dunia yang beriklim tropis atau subtropis Masuknya kacang tanah ke Indonesia terhadap abad ke-17 diperkirakan karena dibawa oleh pedagang-pedagang Spanyol,Cina,atau Portugis sewaktu lakukan pelayarannya dari Meksiko ke Maluku setelah tahun 1597 Pada tahun 1863 Holle memasukkan Kacang Tanah dari Inggris dan terhadap tahun 1864 Scheffer memasukkan pula Kacang Tanah dari Mesir, Republik Rakyat Tiongkok dan India kini merupakan penghasil kacang tanah terbesar dunia.

Sentra penanaman
Kacang tanah bermula terpusat di India, China, Nigeria, Amerika Serikat dan Gombai, sesudah itu meluas ke negara lain.

Di Indonesia
Kacang tanah terpusat di Pulau Jawa, Sumatera Utara, Sulawesi dan kini telah ditanam di seluruh Indonesia

Pemanfaatan

Kacang tanah yang telah dikeluarkan dari polongnya
Tanaman Kacang tanah mampu dimanfaatkan untuk makanan ternak, tengah bijinya dimanfaatkan sebagai sumber protein nabati , minyak dan lain-lain.

Sebagai tanaman budidaya, kacang tanah terutama dipanen bijinya yang kaya protein dan lemak. Biji ini mampu dimakan mentah, direbus (di didalam polongnya), digoreng, atau disangrai. Di Amerika Serikat, biji kacang tanah diproses menjadi semacam selai dan merupakan industri pangan yang menguntungkan. Produksi minyak kacang tanah raih sekitar 10% pasaran minyak matang dunia terhadap tahun 2003 menurut FAO. Selain dipanen biji atau polongnya, kacang tanah termasuk dipanen hijauannya (daun dan batang) untuk makanan ternak atau merupakan pupuk hijau.

Kandungan Gizi
Kacang tanah kaya bersama dengan lemak, mengandungi protein yang tinggi, zat besi, vitamin E dan kalsium, vitamin B kompleks dan Fosforus, vitamin A dan K, lesitin, kolin dan kalsium. Kandungan protein didalam kacang tanah adalah jauh lebih tinggi dari daging, telur dan kacang soya. Mempunyai rasa yang manis dan banyak digunakan untuk membawa dampak beraneka jenis kue.

Kacang tanah termasuk dikatakan mengandung bahan yang mampu membina ketahanan tubuh didalam menghambat beberapa penyakit. Mengkonsumsi satu ons kacang tanah lima kali seminggu dilaporkan mampu menghambat penyakit jantung. Kacang tanah bekerja meningkatkan kekuatan pompa jantung dan menurunkan resoki penyakit jantung koroner.Memakan segenggam kacang tanah setiap hari terutama pesakit kencing manis mampu menopang kekurangan zat.

Kacang tanah mengandung Omega 3 yang merupakan lemak tak jenuh ganda dan Omega 9 yang merupakan lemak tak jemu tunggal. Dalam 1 ons kacang tanah terdapat 18 gram Omega 3 dan 17 gram Omega 9. Kacang tanah mengandung fitosterol yang justru mampu menurunkan kandungan kolesterol dan level trigliserida, bersama dengan cara menghambat penyerapan kolesterol dari makanan yang disirkulasikan didalam darah dan kurangi penyerapan kembali kolesterol dari hati, serta senantiasa memelihara HDL kolesterol. Kacang tanah termasuk mengandung arginin yang mampu merangsang tubuh untuk memproduksi nitrogen monoksida yang berfungsi untuk melawan bakteri tuberkulosis.

Kajian-kajian menunjukkan kacang tanah mampu sebagai penurun tekanan darah tinggi dan termasuk kandungan kolestrol dalam darah, berkesan untuk melegakan penyakit hemofiliaatau kecenderungan enteng berdarah, penyakit keputihan dan insomnia. Namun Kacang tanah benar-benar dicegah terhadap mereka yang menghadapi penyakit jenis kanker payudaradan yang membawa masalah jerawat atau acne termasuk dinasihatkan berhenti konsumsi kacang tanah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *