Diabetes Ulkus Kaki Diabetik Dapat Disembuhkan Oleh Senyawa Vitamin A

Diposting pada

Suatu senyawa vitamin A yang disebut Retin-A topikal juga dikenal sebagai tretinoin, terutama digunakan untuk mengobati masalah jerawat, meningkatkan penyembuhan ulkus kaki pada pasien dengan diabetes, menurut laporan dari Archives of Dermatology.

Meskipun penelitian sebelumnya menunjukkan bahwa Retin-A topikal sedikit membantu dalam meningkatkan penyembuhan luka pada pasien diabetes dan beberapa hasil didiskusikan oleh berbagai ilmiah, sekelompok peneliti mencoba untuk mengetahui apakah tretinoin benar-benar membantu atau tidak pada pasien ini.

Penelitian ini dilakukan dengan 24 relawan yang memiliki ulkus kaki diabetik tetapi tidak menunjukkan bukti infeksi atau masalah sirkulasi di ekstremitas mereka. Beberapa pasien ditugaskan untuk 4 minggu perawatan harian dengan larutan tretinoin 0,05% sementara sementara kelompok kontrol ditugaskan untuk pengobatan dengan larutan garam. Kedua kelompok dinilai setiap 2 minggu.

22 sukarelawan yang menyelesaikan studi dipengaruhi oleh total 24 ulkus kaki. 18 persen pasien dalam kelompok kontrol (2 dari 11 bisul) dan 46 persen pasien dalam kelompok yang diobati (6 dari 13 ulkus) mencapai penyembuhan lengkap pada akhir 16 minggu. Tidak ada signifikansi statistik efek samping, meskipun beberapa pasien mengalami nyeri ringan di lokasi ulkus.

Baca Juga : Laguentry – Download Lagu Mp3 Terbaru

Para peneliti senang dengan hasilnya, meskipun mereka sedikit khawatir karena tretinoin mengiritasi dan mereka berpikir bahwa pasien akan menjadi sangat kesal sehingga mereka tidak akan dapat melanjutkan penelitian. Namun, situasi ini tampaknya tidak menjadi masalah dalam banyak kasus, seperti yang dijelaskannya.

Kesimpulan bagi para peneliti adalah bahwa mereka berharap bahwa klinik kaki diabetes tahu tentang hal ini dan menggunakan Retin-A ketika terapi lain yang mereka gunakan tidak berfungsi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *