Negara dengan Program Terbaik Bidang Kesehatan

Diposting pada

 

Kesehatan selalu ada di setiap program kerja pemerintahan. Sebuah Negara pasti menginginkan rakyatnya sehat dan tidak kesusahan jika terserang penyakit. Dari banyaknya system pemerintahan dalam bidang kesehatan, mana Negara yang memiliki program terbaik?

Perancis

 

Di bawah NHS yang dijalankan oleh pemerintah Perancis, mayoritas pasien harus membayar dokter atau praktisi di muka. Negara kemudian mengganti mereka sebagian atau seluruhnya. Pasien memiliki kebebasan untuk memilih dokter atau layanan mana yang akan dikunjungi.

Semua pusat transaksi kesehatan dengan kartu pintar, Carte Vitale. Kunjungan GP seharga € 23 (£ 17), Carte Vitale digesek dan uang itu dibayarkan kembali ke rekening bank pasien dalam lima hari. Secara umum, tingkat penggantian negara antara 70% dan 100%. Orang-orang termiskin dan sakit jangka panjang tercakup 100%.

Jika seorang pasien dibawa ke unit gawat darurat rumah sakit, misalnya, mereka akan memberikan Carte Vitale mereka, dan tergantung pada masalah kesehatan, dapat diganti sepenuhnya oleh negara. Namun, mulai November 2017, dokter seperti dokter umum harus menghapuskan biaya dimuka untuk semua pasien, dan sebagai gantinya negara dan perusahaan mutuelle akan membayar dokter langsung. Di apotek, pasien membayar dimuka tetapi menggesek Carte Vitale mereka. Sejumlah besar obat yang diresepkan diganti antara 15% dan 100%.

Irlandia

 

Pada tahun 2015 pemerintah Irlandia menghapuskan biaya untuk anak-anak di bawah enam tahun sedangkan orang-orang dengan kartu medis atau kartu kunjungan GP juga menerima perawatan GP gratis.

Dalam kebanyakan kasus, orang membayar resep dari apotek dibatasi € 144 per bulan di bawah Skema Pembayaran Obat. Pemegang kartu medis tidak membayar obat tetapi membayar biaya resep sebesar € 2,50 per item (dibatasi € 25 per bulan per orang / keluarga).

Pasien biasanya dirujuk untuk perawatan sekunder oleh dokter mereka kecuali mereka telah memasuki sistem kesehatan langsung melalui departemen darurat. Mereka yang menghadiri departemen gawat darurat tanpa dirujuk oleh dokter umum dikenakan biaya € 100 (dengan beberapa pengecualian). Anda tidak dikenakan biaya jika Anda kemudian diterima sebagai pasien rawat inap tetapi dapat dikenakan biaya rumah sakit. Biaya menginap semalam di tempat tidur umum di rumah sakit umum adalah € 75 per hari hingga maksimum € 750 dalam 12 bulan berturut-turut.

Hingga akhir September, 46% penduduk memiliki asuransi kesehatan, yang berarti mereka dapat diperlakukan sebagai pasien swasta di sistem publik atau di rumah sakit swasta. Pasien umum yang menerima perawatan di rumah sakit swasta membayar untuk perawatan mereka sendiri.

Swedia

 

Pasien yang ingin menemui dokter membayar biaya yang bervariasi tergantung di mana mereka tinggal, tetapi biasanya sekitar 100-200 kronor (£ 8- £ 16) untuk orang dewasa. Anak-anak hanya membayar jika mereka pergi ke ruang gawat darurat, sekitar 120 kronor. Untuk kunjungan ke spesialis, Anda membayar hingga 400 kronor dan untuk keadaan darurat sekitar 400 kronor. Biaya inap di rumah sakit adalah 100 kronor per hari. Anda biasanya membayar sama apakah Anda memilih klinik atau rumah sakit swasta atau umum, selama klinik swasta terhubung ke sistem perawatan kesehatan umum. Dan kebanyakan.

Ada batasan untuk berapa banyak Anda membayar untuk perawatan kesehatan dalam jangka waktu 12 bulan. Di sebagian besar wilayah yaitu 1.100 kronor, tetapi ada wilayah di mana batasnya hanya 900 kronor. Semuanya gratis setelah itu. Resep disubsidi dan Anda tidak pernah membayar lebih dari 2.200 kronor dalam jangka waktu 12 bulan.

Jika Anda dirujuk ke ahli, Anda membayar biaya lebih rendah sekitar 100 kronor. Jika ada kunjungan berulang yang Anda bayar setiap waktu, tetapi hanya hingga 1.100 kronor dalam jangka waktu 12 bulan. Beberapa daerah mengenakan biaya kecil untuk biaya ambulans, sekitar 150 kronor.

Jepang

 

Setiap penduduk Jepang diharuskan mengambil asuransi kesehatan masyarakat. Karyawan reguler biasanya dilindungi oleh skema kerja, dan diharuskan membayar 20% dari total biaya medis mereka pada saat pengiriman. Mereka yang tidak memiliki bos misalnya wiraswasta dan pengangguran harus bergabung dengan skema asuransi kesehatan nasional. Premi didasarkan pada gaji, nilai properti dan jumlah tanggungan, dan anggota membayar 30% dari biaya perawatan rawat inap atau rawat jalan – termasuk keadaan darurat – dengan pemerintah membayar sisanya. Orang-orang di atas 70 membayar 10% dari biaya.

Biaya medis di atas batas tertentu dihitung tergantung pada pendapatan dan usia dibayar penuh oleh pemerintah. Biaya dibebaskan untuk orang yang tidak diasuransikan dengan pendapatan rendah yang menerima dukungan pemerintah.

Kedua rencana asuransi publik mencakup berbagai layanan, termasuk perawatan di rumah sakit, perawatan kesehatan mental, obat resep, fisioterapi dan, secara signifikan, sebagian besar perawatan gigi.

Peran negara dalam menyediakan layanan kesehatan melampaui banyak negara maju lainnya. Pada tahun 2012, 82% belanja kesehatan didanai publik, dibandingkan dengan rata-rata OECD sebesar 72%.

Cakupan kesehatan universal telah dikreditkan dengan kontribusi terhadap statistik panjang umur yang mengesankan di Jepang, tetapi populasi lansia yang terus bertambah menambah biaya perawatan kesehatan. Lama tinggal di rumah sakit hampir dua kali lebih panjang daripada di negara lain.

Jepang menghabiskan 8,6% dari PDB untuk perawatan kesehatan pada 2008, menurut angka OECD. Pada tahun 2013, telah meningkat menjadi 10,3%, sebagian besar karena biaya menggembirakan untuk merawat orang yang lebih tua.

Indonesia

 

Indonesia sendiri memiliki banyak sekali program. Mulai dari BPJS, jamkesda, jamkesmas dan lain-lain . Adanya puskesmas juga merupakan salah satu program yang di sediakan onleh pemerintahan agar masyarakat dapat mendapatkan pelayanan kesehatan cepat dan terjangkau. Salah satu program yang di lakukan pemerintahan untuk menunjang kesehatan masyarakat adalah kartu indonesia sehat yang merupakan jaminan yang diberikan oleh pemerintah.

KIS atau di kenal dengan katu Indonesia sehat adalah program dari presiden Joko Widodo yang di laksanakan bersamaan dengan KSKS atau kartu simpanan keluarga sejahtera. Dengan menggunakan kartu ini, pemegang kartu berhak mendapatkan layanan kesehatan pada tingkat pertama dan lanjutan secara gratis.

KIS di tujukan untuk warga tidak mampu dan fakir miskin. Karena merupakan sebuah bentuk jaminan kesehatan, iuran di bayarkan oleh pemerintahan. Dalam berjalannya program JKN KIS ini, BPJS lah lembaga yang di tunjuk.

Prosedur layanan KIS ini hamper sama dengan jaminan kesehatan lainnya yang di tawarkan BPJS. Di mana untuk mendapatkan layanan, Anda harus mendapatkan rujukan dari FKTP atau fasilitas kesehatan tingkat pertama di sini contohnya adalah puskesmas. Setelah mendapatkan rujukan, Anda baru bisa melanjutkan pemeriksaan di rumah sakit yang di rujuk. Ini adalah system rujukan berjenjang. Sayangnya system ini tidak cocok untuk Anda yang buru-buru mendapatkan penangganan intensif di rumah sakit. Anda harus melalui FKTP terlebih dahulu.

Jadi menurut Anda manda yang terbaik?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *